Pengertian Color Management dan Setingan Dasar Printer

Alasan utama kecemasan dan kebingungan karna kekhawatiran pengaturan printer?, "Apa sih pengaturan yang benar untuk setingan di printer ataupun puluhan tombol pada aplikasi editing ataupun driver printer?


 pada proses cetak sering kita menemui gagalnya warna yang tidak cocok seperti yang kita liat pada monitor ataupun komposisi yang sudah diatur disebuah applikasi misalnya, iya benar ini adalah salah satu alasan ketakutan kita sebelum proses mencetak sebuah hasil desain ataupun foto kebentuk yang lebih indah agar kita bisa pamerkan atau perlihatkan kepada orang lain.
Tentu kita tidak mau repot dengan pilihan yang kelihatannya tidak ada ujungnya.
Baiklah disini kita akan membahas bagaimana cara teraman untuk mencetak hasil foto atau desain kita dengan cara yang lebih mudah dan sederhana tentunya, tapi kita harus pahami beberapa program desain dan juga mengenali printer yang akan kita pakai untuk kebutuhan mencetak.

Menggunakan Profile

Sebuah profile di aplikasi printer biasanya menggambarkan bagaimana setingan awal diberikan pada printer itu, baik untuk setingan tinta yang akan dipakai ataupun setingan untuk ukuran kertas, kadang sebuah software juga sudah menyediakan setingan profile manajemen warna yang akan kita pakai untuk printer tersebut, atau anda juga dapat menerapkan profile dari pihak ketiga contoh Apple ataupun Adobe, yang biasanya menyediakan manajement warna baik untuk printer dan juga deskop, Biasanya profile yang memiliki baik ICM atau ACE ekstensi dari Photoshop ( Tergantung pada kegunaan mereka apakah untuk PC atau MAC), dan kalian bisa menemukan dengan mudah yaitu dengan mencari file extensi yang kadang terletak disuatu folder. seperti gambar dibawah.

Setting

Anda biasanya perlu melalui beberapa menu untuk ke setingan yang anda butuhkan, contoh ini kita gunakan di window dan juga mac untuk langkahnya kurang lebih sama, langkah awal dalam Photoshop sebagai berikut.

File/Print Atau Dengan Menekan CTRL + P

Kenapa kita melakukan setingan seperti diatas? Alasannya yaitu karena setingan diatas belum tentu sama dengan setingan driver printer yang anda pakai,karena setiap printer sudah melimiliki setingan khusus pabrikan dan akan menyebabkan eksekusi warna yang kadang berlebihan ataupun kekurangan apabila kita tidak menyamakan atau memakai salah satu profile warna,baik hanya menggunakan setingan diprinter ataupun di program.
sebelumnya Pastikan Setingan default seperti gambar diatas
Langkahnya  Pilih Edit/Color Profile..
Pastikan sama seperti diatas.

ok lanjut ke langkah kedua kembali ke Photoshop,
File/ Print
dan kemudian select show more Options/Color Management


Jadi intinya dalam Sebuah proses cetak untuk printer rumahan ataupun kantor, perhatikan setingan apa yang akan gunakan sebelum mencetak, karena itu nantinya akan menentukan hasil cetakan anda, jangan dua setingan yang berbeda untuk 1 kali proses cetak, sebaiknya gunakan salah satunya. baik setingan printer, atau gunakan setingan applikasi desain saja.

Untuk Jenis  Pree Press dan Conventional kalo ada waktu kita akan membahasnya.....
Semoga Bermanfaat.

Jika tertarik Dengan artikel ini mohon dicopy beserta Sumbernya yahh.....thanks
 http://grafisoneprinting.blogspot.com/2013/11/pengertian-color-management-dan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar